-->
  • Jelajahi

    Copyright © MANDALIKANews.ID | BAROMETER INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Latest News

    Turis Ukraina Diusir Imigrasi Bali, Ini Alasannya

    MandalikaNews.id
    Kamis, 20 April 2023, 09:57 WIB Last Updated 2023-04-28T17:39:05Z

    MANDALIKANEWS.ID | BALI — Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai mendeportasi seorang laki-laki warga negara asing (WNA) asal Ukraina berinisial VB. Tindakan tegas berupa pendeportasian tersebut diberikan terhadap VB yang terbukti melakukan penyalahgunaan Izin Tinggal Terbatas (ITAS) Investor, yaitu memberikan jasa pijat/terapis di Bali.

    Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali Anggiat Napitupulu,  menyampaikan informasi mengenai VB berawal dari laporan pengaduan masyarakat yang masuk mengenai adanya dugaan aktivitas WNA yang tidak sesuai dengan izin tinggal yang dimiliki.

    “Kasus VB ini tidak viral di media sosial, namun pelapor memilih untuk membuat laporan pengaduan ke Kantor Imigrasi Ngurah Rai yang kemudian kami tindak lanjuti," terang Anggiat.

    Tim Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim) Imigrasi Ngurah Rai kemudian melakukan patroli digital dan didapati informasi mengenai aktivitas promosi jasa pijat di media sosial yang dilakukan oleh VB. 

    Tim Inteldakim kemudian melakukan penelusuran lebih lanjut terkait aktivitas VB tersebut dan status keimigrasiannya. Dari hasil penelusuran di sistem keimigrasian didapati bahwa VB menggunakan ITAS Investor.

    Pada 3 April 2023, Tim Inteldakim Imigrasi Ngurah Rai kemudian melakukan pengecekan lapangan pada tempat tinggal VB di area Kerobokan. Dan pada tanggal 5 April 2023, Imigrasi Ngurah Rai melayangkan pemanggilan kepada VB untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di Kantor Imigrasi Ngurah Rai.

    “VB terakhir kali masuk ke wilayah Indonesia pada 4 Februari 2023 menggunakan VITAS Investor. VB juga mengakui mengelola sendiri akun Instagram illegally good massage untuk memberikan jasa pijat yang dilakukan dirinya di Bali," tambah Anggiat.

    Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai Sugito menyatakan VB terbukti berkegiatan tidak sesuai dengan izin tinggal yang dimiliki dengan memberikan jasa pijat melalui akun sosial media miliknya sedangkan yang bersangkutan menggunakan izin tinggal dari VITAS Investor.

    “Selama 2 bulan berada di Indonesia yang bersangkutan masih belum jelas berinvestasi di bidang apa dan malah melakukan pekerjaan illegal. Menurut pengakuannya VB masih mencari-cari peluang bisnis di Indonesia namun belum ketemu tempatnya dan kecocokan untuk berbisnisnya. Oleh sebab itu kami ambil tindakan tegas terhadap yang bersangkutan," tambah Sugito.

    Lebih lanjut Anggiat menambahkan, “Sepanjang tahun ini (2 Januari – 17 April 2023) sudah 93 WNA kita deportasi, ditambah 3 WNA yang kita lakukan konferensi pers menjadi total 96 WNA”. “Untuk pendeportasian VB kami lakukan malam ini juga (18 April 2023)”, tambah Sugito.

    Terkait biaya tiket penerbangan, Sugito menjelaskan bahwa Imigrasi tidak menanggung biaya tiket untuk deportasi, seluruh biaya tiket penerbangan ditanggung sendiri oleh yang bersangkutan. (**)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini