-->
  • Jelajahi

    Copyright © MANDALIKANews.ID | BAROMETER INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Latest News

    Saat Kunker, Soekarwo Tinjau Kawasan Food Estate di Desa Sanggang

    MandalikaNews.id
    Kamis, 09 Mei 2024, 21:35 WIB Last Updated 2024-05-09T14:35:59Z

    MANDALIKANEWS.ID | KALTENG — Anggota Wantimpres, Soekarwo didampingi Sekretaris Anggota Wantimpres Jan Prince Permata dan Analis Kebijakan Sekretariat Wantimpres melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Tengah, pada hari Selasa 7 Mei 2024. 

    Kunjungan kerja dilakukan untuk meninjau pelaksanaan food estate di Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah.

    Dalam kunjungan kerja tersebut, Anggota Wantimpres Soekarwo melakukan pertemuan dengan sejumlah pemangku kebijakan diantaranya Pj.Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani, Kepala Dinas TPHP Provinsi Kalimantan Tengah Sunarti, Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan Tengah II Ferry Syahrizal, dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau Godfridson. 

    Selain itu, Soekarwo juga melakukan dialog dengan para petani dan tenaga penyuluh pertanian Food Estate Kabupaten Pulang Pisau.

    “Dalam pertemuan bersama Watimpres kendala yang dihadapi petani telah disampaikan diharapkan ada solusi sehingga dapat memacu target realisasi kegiatan pembangunan pertanian dari sektor hulu sampai dengan sektor hilir di kabupaten setempat khususnya dan Kalteng pada umumnya,” kata Penjabat Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani di Pulang Pisau, Rabu.

    Menurut dia, kendala yang dihadapi tersebut di antaranya budi daya pertanian di lahan rawa sangat bergantung sepenuhnya pada sistem tata kelola air irigasi.

    Kondisi saat ini, katanya, belum sepenuhnya infrastruktur irigasi di lokasi food estate dalam kondisi baik sehingga berpengaruh terhadap waktu tanam yang tidak serempak, yang berdampak pada kerentanan terhadap gangguan organisme pengganggu tanaman (OPT).

    "Selain itu, lokasi-lokasi kegiatan intensifikasi dan ekstensifikasi memerlukan perbaikan infrastruktur irigasi untuk normalisasi saluran sekunder, tersier, kwarter serta perbaikan pintu air," kata dia.

    Nunu mengatakan, keterbatasan lainnya adalah SDM petani penggarap dan kelembagaan korporasi petani yang belum sepenuhnya terbentuk yang berpengaruh terhadap aktivitas budidaya tanam, pengelolaan hasil panen, upaya peningkatan nilai tambah petani di lokasi food estate serta jaminan keberlanjutan ke arah kemandirian.

    “Kesiapan offtaker (pemasok kebutuhan) dalam penyerapan hasil panen belum sepenuhnya berjalan dan juga keterbatasan anggaran pemerintah masih berpengaruh terhadap pelaksanaan kegiatan secara menyeluruh,” kata Nunu.

    Selain berdialog bersama Penjabat Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani dan unsur terkait pemerintah setempat, Wantimpres Soekarwo beserta rombongan dalam kunjungan kerja juga melihat dari dekat kawasan food estate di Desa Sanggang dan Desa Blanti Siam Kecamatan Pandih Batu. (ant/by)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini