-->
  • Jelajahi

    Copyright © MANDALIKANews.ID | BAROMETER INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Latest News

    Hari Nyepi Di Bali, Sholat Tarawih Di Masjid Boleh Dilakukan Dengan Beberapa Syarat

    MandalikaNews.id
    Rabu, 22 Maret 2023, 23:35 WIB Last Updated 2023-03-22T16:35:23Z

    MANDALIKANEWS.ID| KARANGASEM — Perayaannya Hari Raya Nyepi tahun Baru Saka 1945 berbarengan dengan awal puasa dimana umat Islam akan melaksanakan  aktivitas ibadah Sholat Tarawih pada Rabu (22/3/2023) atau jatuh pada tanggal 1 Romadhan.

    Meski aktifitas masyarakat di Bali dibatasi karena umat Hindu harus melaksanakan Catur Brata Penyepian, namun umat Islam tetap dapat melaksanakan Sholat Tarawih di Masjid, meski dengan beberapa batasan. 

    Seperti di Masjid Al Taubah yang ada di Banjar Dinas Lebah Sari, dimana penduduknya mayoritas umat beragama Islam tetap akan melaksanakan Sholat Tarawih pada malam nanti.

    Haji Sirad, Ketua Takmir Masjid Al Taubah mengatakan, jika masyarakat setempat tetap dapat melaksanakan solat tarawih di Masjid namun dengan beberapa syarat. 

    "Merujuk pada surat edaran dari pemerintah kemudian surat edaran dari Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Karangasem dimana Semua warga kami tidak boleh keluar dari kampung, tidak ada aktifitas yang terlalu mencolok yang sekiranya mengganggu saudara kami yang Hindu dalam melaksanakan ibadah Nyepi," katanya.

    "Malam hari nanti merupakan awal dari pelaksanaan ibadah Tarawih jatuh pada tanggal 1 Romadhan, aktifitas sholat tarawih akan berjalan seperti biasa karena ada ijin. Namun dengan beberapa hal yang harus kami taati, seperti tidak boleh ada penerangan yang terlalu mencolok, hanya menggunakan lampu yang redup atau sedikit. Kemudian penggunaan pengeras suara kami tiadakan, hanya suara dalam saja. Sementara, Pembacaan Al-Qur'an pada malam tarawih (tadarus) tetap diadakan seperti biasanya," terangnya. 

    Warga di Banjar Lebah Sari akan melaksanakan Sholat Tarawih pada malam nanti pukul 20.30 WITA. (Ami)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini