-->
  • Jelajahi

    Copyright © MANDALIKANews.ID | BAROMETER INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Latest News

    TOKOH NTB GANDENG PINTO JANIR KOLABORASI CIPTAKAN LAGU LEGENDA MANDALIKA

    MandalikaNews.id
    Selasa, 11 Oktober 2022, 01:29 WIB Last Updated 2022-10-10T18:31:16Z

    Tokoh masyarakat Nusa Tenggara Barat Lalu Niqman Zahir, S. Sos, M, Si., gandeng Pinto Janir seniman Indonesia asal Sumatera Barat untuk berkolaborasi menciptakan lagu-lagu nusantara bernuansa etnis atau musik tradisi. Terutama, lagu-lagu pop yang berkisah tentang keindahan alam, budaya, serta kehidupan sosial masyarakat NTB.

    "Saya mengamati Pinto yang memiliki sentuhan rasa kebudayaan yang kuat. Dia tidak saja cinta kepada kebudayaan Minangkabau tapi juga memiliki rasa cinta kepada kebudayaan Nasional. Saya berharap ada perpaduan dua kebudayaan antara kebudayaan yang tumbuh di masyarakat Lombok dan masyarakat Minangkabau. Ya, setidaknya memberi kekayaan pada khasana musik etnik nasional", kata Lalu Niqman Zahir.

    Menurut Lalu yang juga Deputi Bidang Administrasi DPD RI, ada tiga lagu yang diciptakan Pinto untuk masyarakat NTB. Pertama, Kisah Cinta Putri Mandalika. "Luar biasa, lirik lagu ini dapat mengisahkan legenda Putri Mandalika. Lirik dan musik pada lagu ini membawa kita pada legenda Mandalika yang kini masih tetap hidup di masyarakat NTB", ujar Lalu Niqman Zahir.

    "Lagu kedua berkisah tentang budaya dan keindahan alam Nusa Tenggara Barat. Sedangkan lagu ketiga masih menceritakan pesona alam NTB dan rasa cinta serta rindu yang menyala-nyala kepada kampung halaman, yakni NTB", ucap Lalu Niqman Zahir, salah seorang tokoh masyarakat NTB yang sangat cinta dan peduli pada kelestarian nilai adat dan budaya.

    Seniman Pinto Janir yang dihubungi MandalikaNews.id, baru-baru ini di Jakarta, mengungkapkan, "Saya mengucapkan terimakasih kepada Pak Lalu Niqman Zahir atas dipercayakannya kepada saya menciptakan lagu-lagu etnis NTB. Saya rasa ini sebuah simbol dari konklusi budaya menyatukan bangsa. Begitu saya diminta mencipta lagu tentang Putri Mandalika ada dua minggu lamanya saya membaca segala referensi tentang NTB", ujar Pinto yang juga dkenal sebagai penyair, sastrawan, wartawan, dan musisi yang produktif berkarya.

    Pinto berharap, dua lagu langsung dinyanyikan oleh Lalu Niqman Zahir. Satu lagu lagi akan dibawakan penyanyi berbakat dari NTB yakni Halvera. 

    Tiga lagu ini sudah selesai proses pembuatan musiknya. Tinggal lagi pengisian suara dari Lalu Niqman Zahir dan Halvera. "Kita merencanakan pembuatan video klip yang mampu menggambarkan kisah cinta Putri Mandalika dan keindahan alam NTB. Untuk pembuatan video klip, kita akan berkolaborasi dengan seniman dan sanggar-sanggar seni yang ada di NTB", tukas Pinto. (Chelsea)


    Tokoh Masyarakat NTB Lalu Niqman Zahir dan Seniman Pinto Janir

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    EKONOMI

    +